Label

Selasa, 22 Mei 2012

Manajemen (Etika dan tanggungjawab Sosial


I.                  PENDAHULUAN

Tanggung jawab sosial dapat diartikan sebagai wujub pelaksanaan etika dalam organisasi. Tanggung jawab sosial juga dapat dapat di didefinisikan  sebagai kewagai kewajiban persahaan untuk merumuskan kebijakan, mengambil keputusan, dan melaksanakan tindakan yang memberikan manfaat kepda masyarakatsayangnya, karena tidak ada kesepahaman yang kuat tentang kepada siapa dan untuk apa perusahaan bertanggun jawab sosial, akan sulit bagi manajer untuk mengetahui apa yang diaggap sebagai perilaku perusahaan yang bertanggung jawab sosial. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan eksternal perusahaan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka penjagaan lingkungan, norma masyarakat, partisipasi pembangunan, serta berbagai bentuk tanggung jawab sosial lainnya
Semakin besar suatu organisasi, maka semakin besar pula tuntutan masyarakat terhadap organisasi tersebut. Banyak lembaga bisnis yang menggunakan segala cara untuk memenangkan persaingan oleh karena itu, di harapkan manager dapat menjalankan bisnis yang memenuhi syarat dalam etika bisnis, baik secara moral maupun norma masyarakat.

II.               PERMASALAHAN

a.       Apa alasan perusahaan menerapkan tanggung jawab sosial dan apa manfaatnya ?
b.      Kepada siapa saja peran tanggung jawab sosial diterapkan?
c.       Apa Strategi Pengelolaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan?
d.      Apa pengertian etika manajemen?

III.           PEMBAHASAN

a.       Apa alasan perusahaan menerapkan tanggung jawab sosial dan apa manfaatnya ?
Ada beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan memutuskan untuk menerapkan  tanggung jawab sosial, yaitu :
Moralitas : perusahaan harus bertanggungjawab kepada banyak pihak yang berkepentingan terutama terkait dengan nilai – nilai moral dan keagamaan yang dianggap baik oleh masyarakat. Hal tersebut bersifat tanpa mengharapkan balas jasa.
Ada 4 kategori tanggung jawab sosial dalam bidang perusahaan yaitu, tanggung jawab kebijaksaan, tanggung jawab etika, tanggung jawab hukum dan tanggung jawab ekonomi.
Manfaat tanggung jawab sosial perusahaan
·         Manfaat bagi perusahaan
Tanggungjawab sosial perusahaan tentunya akan menuimbulkan citra positif perusahaan di mata masyarakat dan pemerintah.
·         Manfaat bagi masyarakat
Selain kepentingan masyarakat terakomodasi, hubungan masayarakat dengan perusahaan akan lebih erat dalam solusi win – win solution.
·         Manfaat bagi pemerintah
Dalam hal ini pemerintah merasa memiliki partner dalam menjalankan misi sosial dari pemerintah dalam hal tanggungjawab sosial.
b.      Kepada siapa saja peran tanggung jawab sosial diterapkan?
Terdapat dua pandangan tentang kepada siapa organisasi bertanggungjawab sosial, yaitu sebagai berikut :
·         Model pemegang saham
·         Model Pihak Yang Berkepentingan

c.       Apa Strategi Pengelolaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan?
      Strategi Reaktif
            Kegiatan bisnis yang melakukan strategi reaktif dalam tanggung jawab sosial cenderung menolak atau menghindarkan diri dari tanggung jawab sosial
         Strategi Defensif
            Strategi defensif dalam tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan terkait dengan penggunaan pendekatan legal atau jalur hukum untuk menghindarkan diri atau menolak tanggung jawab sosial .


         Strategi Akomodatif
  Strategi Akomidatif merupakan tanggung jawab sosial yang dijalankan perusahaan dikarenakan adanya tuntutan dari masyarakat dan lingkungan sekitar akan hal tersebut
         Strategi Proaktif
  Perusahaan memandang bahwa tanggung jawab sosial adalah bagian dari tanggung jawab untuk memuaskan stakeholders. Jika stakeholders terpuaskan, maka citra positif terhadap perusahaan akan terbangun
d.         Apa pengertian etika manajemen?
Yang erat kaitannya dengan issu organisasi umum dari tanggung jawab sosial adalah masalah etika perseorangan dari para manager.
Etika dalah aturan – aturan atau prinsip – prinsip yang merumuskan perilaku benar atau salah, dalam hal ini kita ingin meninjau dimensi etis keputusan – keputusan manajerial.
Nilai Personal sebagai standar Etika :
      Nilai (Values) sendiri pada dasarnya merupakan pandangan ideal yang mempengaruhi cara pandang, cara berfikir dan perilaku dari seseorang.
      Nilai Personal atau Personal Values pada dasarnya merupakan cara pandang, cara pikir, dan keyakinan yang dipegang oleh seseorangsehubungan dengan segala kegiatan yang dilakukannya
      Nilai Personal terdiri dari nilai terminal dan nilai instrumental. Nilai terminal pada dasarnya merupakan pandangan dan cara berfikir seseorang yang terwujud melalui perilakunya, yang didorong oleh motif dirinya dalam meraih sesuatu. Nilai instrumental adalah pandangan dan cara berfikir seseorang yang berlaku untuk segala keadaan dan diterima oleh semua pihak sebagai sesuatu yang memang harus diperhatikan dan dijalankan.




IV.   SIMPULAN
     Jadi  dari pembahasan di atas dapat di simpulkan  bahwa dalam mengelola manajemen dapat di peroleh manfaat bagi perusahaan, manfaat bagi masyarakat dan manfaat bagi pemerintah.
Terdapat dua pandangan tentang kepada siapa organisasi bertanggungjawab sosial, yaitu sebagai berikut : Model pemegang saham dan Model Pihak Yang Berkepentingan. Terdapat 4 strategi pengelolaan tanggung jawab sosial yaitu, strategi reaktif, strategi defensive, strategi akomodatif dan strategi proaktif.
Mengelola manajemen dengan etika dan tanggung jawab sosial sangat penting bagi suatu perusahaan atau suatu kelompok untuk meningkatkan kualitas dan mutu dari suatu barang atau hal.

IV.           PENUTUP
Demikianlah makalah ini yang dapat penulis sampaikan. Semoga apa yang telah penulis lakukan ini nantinya akan menjadi sebuah amal ibadah. Amien. Penulis menyadari bahwasannya dalam penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis meminta saran dan kritik dari pembaca yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah kami selanjutnya.










DAFTAR PUSTAKA
Kast, E. Fremont & James E. Rosenzweig. 2002. Organisasi Dan Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara
Miner, John B. 1988. Kebijakan dan Strategi Manajemen. Jakarta : Erlangga.
Kolom-edukasi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar